Salah Kaprah Soal Sherpa

Banyak orang menganggap bahwa Sherpa adalah sebutan untuk 'porter' pembawa barang, sebenarnya itu salah, karena Sherpa adalah nama suku yg hidup di kaki gunung Himalaya, dan seorang Sherpa pun punya keahlian masing masing, tidak semua memiliki ijin pendakian, hanya Sherpa yg lulus kualifikasi saja yg mengantongi ijin tersebut yg dikeluarkan oleh Nepal Mountaineering Association, dan Ang Dawa Sherpa salah satunya, dan belakangan kami tahu bahwa dia seorang eksekutif di NMA.

"you look like a Sherpa, with your body, your face, If you use Sherpa language, everybody would think that you are a Sherpa". Benarkah?, Ang Dawa meyakinkan ku bahwa perawakannku sangat cocok menjadi seorang Sherpa. "If you are a Sherpa, your name would be..... Nyma Sherpa". Sejak saat itu semua porter dan orang orang yg mengenalku memanggil namaku "Nyma Sherpa" sebuah kehormatan memiliki nama suku yg hidup di himalaya, suku lahirnya para pendaki tangguh dunia, dari sebuah nama itu serasa aku bagian dari mereka.

Belakangan aku tahu bahwa, suku Sherpa memberikan nama anaknya sesuai hari kelahirannya, contohnya (Lakhpa Sherpa; Lakhpa artinya hari Rabu) Aku lupa arti dari “Dawa” yang pasti “Ang” adalah panggilan anak lelaki di suku Sherpa, dan.. tentunya “Nyma” artinya hari Minggu. Bila aku suku Sherpa, mestinya namaku Lakhpa, tetapi entah kenapa mereka memanggilku Nyma. Mungkin melambangkan keceriaan, karena setiap hari Minggu orang lebih ceria dibandingkan keesokan harinya, dijamin.