Formasinya 2-1-1 plus 1. Yang plus 1 itu aku, artinya aku bebas bergerak untuk mengambil gambar, kecuali keberadaanku di depan formasi 2. Ini adalah formasi kami menyelam, ini bukan penyelaman biasa, bukan turisme tapi penelitian, sebuah kata yang cukup keren buatku. Formasi 2 yang paling depan adalah penyelam peneliti: 1 orang peneliti ikan besar dan 1 orang peneliti ikan kecil, formasi 1 berada di belakang formasi 2, yang bertugas membentang transek berupa meteran memanjang, setiap gulungan punya panjang 50 meter dan kami menggunakan 5 gulungan, pembentang ini disebut Roll Master. Sementara yang paling belakang dan seringnya paling lama dan paling teliti adalah peneliti Benthik, dia yang bertugas mencatat Genus karang dan apapun yang berada di bawah uluran transek setiap 50 cm. Biasanya aku berada berdekatan dengan Rol Master, karena paling aman dan lebih leluasa untuk mengambil foto, setelah transek seluruhnya terbentang, maka formasi 2 akan melakukan Long Swim sejauh 300 meter untuk melakukan observasi ikan, sementara Rol Master akan kembali menggulung transek dan kemudian kembali ke permukaan.
Jujur saja, selama 2 hari awal dan 6 penyelaman, aku belum pernah ikut Long Swim, karena berbagai kendala; kondisi udara yang tidak memungkinkan, masker yang mulai menekan dahi (memang kesalahan sejak awal untuk memakai masker low volume) karena dahiku bukan dahi biasa, ada tonjolan macam petinju, secara genetis mungkin nenek moyangku bukanlah pelaut tapi petarung yang berevolusi untuk melindungi matanya saat pertarungan, jadilah dahi ini sedikit menonjol keluar. Yang paling nyebelin adalah saat substrat naik, artinya banyak “debu” melayang yang bikin air butek dan jarak pandang sedikit, kalau itu terjadi lebih baik angkat tangan dan menyerah karena kita tidak bisa memotret apapun, kecuali ada mukjizat.
Moral Point: ngaca! Pastikan dahimu tidak menonjol, bisa diperkuat lagi dengan menelusuri silsilah keluarga, karena evolusi pasti terjadi. Bila sudah yakin jangan pakai masker yang tidak cocok, itu artinya kamu harus datang ke toko peralatan selam dan mencoba satu persatu, kayaknya cara ini lebih bijak ketimbang beli masker selam online.