Ternyata Ini Dia Jurus Pendaki Dunia: 5 langkah Teknik Rest Step


Mendaki Gunung Fuji saat berpuasa


Nah, kalo yang suka minder pas hiking, mendaki atau nanjak.. postingan ini tepat banget buat kamu pantengin.
Suka habis napas? Cepet capek? Ketinggalan? Pacing ngawur? Hmm.. kayaknya itu pernah kita lalui bersama, dan jangan takut kawan, bersama kita siasati... cieeehhh..

Binaiya

Cara ini sudah dipakai pendaki dunia, dan terbukti ampuh untuk menjawab pertanyaan bertubi2 diatas. Hillary dan Tenzing ga bakalan jadi pendaki sukses tanpa jurus ini.

Rest Step:
1. Pacing lambat
Hal pertama yg harus kamu ketahui adalah dengan menggunakan teknik ini, pacing saat mendaki itu terkesan lambat, tapi jangan khawatir.. justru inilah kuncinya. Dengan waktu yg 'cukup' kamu bisa menghemat tenaga dan justru membuat kamu seperti mesin diesel.. lambt tapi teteup jalan terooosss...

2. Luruskan Kaki yg Menjejak
Misalkan: saat mendaki, pasti ada salah satu kakimu akan menjejak kan? Nah... lurus kan selurus2nya... hingga dua tulang femur dan betis mengunci di lutut. Setelah mengunci, kamu ga butuh otot kaki untuk menahan apapun. Semua beban berada di tulang lutut, nah ini juga yg membuat teknik ini disebut Knee Lock.

3. Timing
Untuk mendaki gunung diatas 8000 atau mendekati 'dead zone' setiap jejakan kaki bahkan bisa 10 detik. Untuk yang dibawah ketinggian itu bisa setengahnya atau 5 detik sampai cycle berikutnya... atau kaki berikutnya. Nah makanya kalo liat videonya para pendaki Everest bakalan lambat banget jalannya.
Tangkuban Parahu


4. Satu menjejak bukan berarti kaki satunya lagi melayang
Kaki yg mengunci atau sedang melakukan penguncian, bukan berarti 'sendiri' kayak kamu yg lagi baca ini.. hehehe.. tapi.. kaki yg tidak sedang lurus bisa menjejak juga tapi tanpa menahan berat badan. Kaki yg tidak 'bertugas' bisa menjaga keseimbangan di depan kaki yg sedang bertugas.

5. Dalam menjejak kamu juga istirahat
Nah, ini yang asik... kamu bisa beristirahat setiap menjejak dan waktu kamu tidak akan habis untuk beristirahat berkali2 karena setiap menjejak kamu mengistirahatkan satu kakimu, bahkan dua2nya.... enak kaaannn.

Rest Step untuk beristirahat "on the go"

Ole, sekarang prakteknya.. kamu bisa latihan pas naik tangga loh.. cobain.. kamu kunci lutut kamu di kaki yg menjejak. Coba untuk merelaksasikan semua otot kaki yg sedang menjejak setelah mengunci lutut. 

Memang harus membiasakan sih, kalo udah bisa.. wah hidupmu bakalan berubah!
Selamat mencoba.. jangan lupa coba tonton vlog pendakian titik tertinggi negara2 Asia di channel youtube dan follow instagram gw @worldlifetravel yah.. supaya kamu menemukan inspirasi dari setiap postingannya..

Chiaooo....