Dilarang Hiking Serampangan di Himalaya! (Tips Selamat Hiking ke EBC)


tips hiking di jalur Everest Base Camp

Memang sebuah ekspedisi ke Himalaya bisa memakan jutaan rupiah untuk bisa menikmati keindahan atau ‘menantang’ adrenalin. Perjalanan panjang yang memakan waktu berhari hari bahkan berbulan-bulan harus dilakukan dengan berbagai tujuan. Para pendaki adalah alasan bagaimana kehidupan di Himalaya dan negara Nepal bisa berputar stabil, dan merekalah para raja yang dilayani para Sherpa setiap hari. Tetapi sebenarnya para pendaki di Trek bukanlah yang utama, artinya mereka bukanlah para pengguna trek yang harus didahulukan, dan bahkan harus mengalah kepada Porter yang lewat atau berpapasan.
 
Jembatan Jorsale menuju Namche Bazaar
Ada peraturan tidak tertulis yang berlaku setiap saat di trek Everest Base Camp, dimana dituntut kedewasaan para pendaki yang sebenarnya ‘bertamu’ di negeri orang.
Tips hiking di Trek Everest Base Camp:
1. Ingatlah bahwa Himalaya adalah kawasan suci, mereka (Sherpa) menjaga tempat suci mereka sambil mencari uang dengan menemani para pendaki ‘menikmati’ tempat suci ini. Berlakulah sewajarnya, bila tidak tahu, silahkan bertanya, mereka dengan senang hati menjawab dan menjelaskan.
Sherpa dan rumahnya

2. DAHULUKAN Porter, Zopyok, Yak, Keledai atau Kuda. Ketahuilah bahwa mereka inilah yang menjaga pelayanan di gunung dan tempat terpencil ini selalu berjalan baik. Mereka adalah pekerja keras yang membawakan semua kebutuhan ekspedisi, desa, pendakian, hiking dan lainnya. Karena beratnya bawang bawaan mereka, maka sepantasnyalah para pendaki bisa memberikan jalan terlebih dahulu untuk mereka.
Jalur pendakian ke Everest Base Camp

3. Merapat ke arah tebing bukan jurang. Zopyok, Yak, Kuda atau Keledai lebih sulit memilih jalan dan seringkali berada dalam kelompok besar, yang berjajar panjang dalam jalur. Bila berpapasan dengan mereka perhatikan tempat yang lebih luas untuk berhenti, selalu berada di dalam jalur dan merapat ke tebing, jangan ke Jurang, karena bila terdesak oleh binatang ini, bisa jatuh ke lembahan yang dalam.
Salah satu area yang longsor akibat gempa Nepal 2015

4. Banyak kotoran binatang di jalur. Usahakan tidak jijik, karena keadaan ini akan ada di sepanjang trek. Lagi pula kotoran di jalur Himalaya ibarat emas, bahkan dikumpulkan sebagai bahan bakar.
Area longsor gempa Nepal 2015 membuka spot air terjun

Inilah tips DI JALUR buat kamu yang ingin mencoba trekking di jalur Everest Base Camp. Buat yang udah pernah mendaki dijalur ini boleh lo nambahin tips nya, buat bagi-bagi sama yang pengen banget kesini, tapi di kolom komen ya...
Ikuti petualangan saya di instagram @worldlifetravel
Banyak tangga batu seperti ini

Di pedesaan pun jalan harus berbagi

Zop Yok hewan setengah kerbau, setengah Yak yang kurang ramah

Kala hujan, jalur batuan semakin licin

Banyak juga kuda yang dipakai sebagai hewan pekerja

Hewan yang berjasa pada ekspedis-ekspedis dunia

Sherpa porter yang membawa barang dari desa ke desa dengan upah minimum

Jalur indah tapi mematikan bila kita berhadapan dengan Zop Yok dan kita salah jalur